Langsung ke konten utama

3 jenis kura kura darat terbesar di dunia



Kura-kura darat sejati memiliki ukuran yang beragam, mulai dari beberapa sentimeter hingga dua meter. Mereka umumnya merupakan hewan diurnal dengan kecenderungan menjadi krepuskular tergantung suhu lingkungan. 
Kura-kura darat sejati adalah hewan darat yang memiliki umur paling panjang. Kura-kura galapagos misalnya tercatat dapat hidup hingga lebih dari 150 tahun, dan kura-kura raksasa Aldabra bernama Adwaita hidup selama kurang lebih 255 tahun. Kebanyakan spesies kura-kura darat sejati umumnya dapat hidup selama 80-150 tahun.


Kura-kura darat sejati adalah suku kura-kura dengan banyak anggota yang tersebar luas di seluruh dunia. Indonesia sendiri memiliki dua spesies asli, yaitu baning Sulawesi(Indotestudo forsteni), dan baning cokelat (Manouria emys).
Kura-kura adalah hewan berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Kura-kura termasuk dalam ordo Testudinata atau Chelonians, hewan ini mempunyai ciri khas yang sangat mudah dikenali yaitu memiliki “rumah” atau batok (bony shell) yang kaku dan keras.
Kura kura Galapagos (Geochelone elephantopus) 
Kura-kura terbesar di dunia berada di kepulauan Galapagos yang diberi nama Lonesome George.
Lonesome George sendiri adalah spesies kura-kura terakhir dari sub-spesies Geochelone elephantopus abingdoni yang juga jadi simbol Pulau Pinta di kepulauan Galapagos.
Kura-kura daratan ini merupakan jenis binatang yang mempunyai umur panjang melebihi 100 thn. Lonesome George kali pertama dijumpai di Pulau Pinta pada tahun 1971. 
Kura kura Galapagos (Geochelone elephantopus) sendiri adalah spesies kura kura terbesar di dunia yang sampai sekarang masih hidup. Bobot binatang bertulang belakang tersebut dapat melebihi 408 kilo dengan panjang hingga 1,8 sampai 2 m.

Aldabra Giant Tortoise (Aldabrachelys gigantea)
Pulau Aldabra yang merupakan pulau karang terbesar kedua di dunia ini menjadi rumah bagi kura- kura raksasa Aldabra Giant Tortoise (Aldabrachelys gigantea).
Ukuran kura-kura raksasa ini mirip dengan kura-kura Galapagos dengan panjang cangkang hingga 1,5 meter dan beratnya hingga 300 kilogram. Kura-kura jantan ukurannya lebih besar daripada  betina.
Kura-kura ini mempunyai ukuran yang mirip dengan kura-kura galapagos. Kura-kura ini dapat mencapai ukuran karapas hingga 1.5 meter dengan berat hingga 300 kg. Ukuran jantan jauh lebih besar daripada betina.



Sulcata (African Spurred Tortoise/Geochelone Sulcata) 

Populasi dari kura kura ini ditemukan di sebagian besar wilayah di Afrika, mulai dari gurun Sahara kemudia ke beberapa negara yang kering seperti Mali, Nigeria, Mauritania, Senegal, Sudan, Ethiopia hingga ke Massaua, yaitu merupakan pantai yang berbatasan dengan Laut Merah.

Kura kura Sulcata adalah kura kura darat yang rata rata memiliki panjang tubuh sekitar 60 – 75 cm dengan berat antara 36 – 50 kg. 
Sulcata mempunyai ciri khas yang terdapat di bagian karapasnya yang berwarna kuning keemasan yang dihiasi garis coklat tua,  Sisik pada karapasnya yang kokoh terlihat sesuai dengan kulitnya yang sangat tebal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kura-kura Indonesia Yang Endemik

Selain memiliki berbagai jenis kura-kura yang tersebar nyaris merata di Indonesia bagian barat, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kura-kura yang wilayah distribusinya sangat terbatas atau dikenal sebagai endemik. Seluruh jenis kura-kura Indonesia yang endemik ini tersebar terbatas, dalam wilayah-wilayah kecil, di bagian tengah dan timur, terutama Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara Timur. Berikut adalah jenis kura-kura endemik Indonesia: 1. Kura-kura hutan Sulawaesi ( Leucocephalon yuwonoi ). Jenis kura-kura ini merupakan endemik alias hanya dapat ditemukan di Sulawesi. Dideskripsikan oleh McCord, Iverson, Boeadi pada tahun 1995. 2. Baning emas Sulawesi ( Indotestudo forstenii ). Kura-kura Indonesia ini adalah kura-kura endemik Sulawesi. Pertama kali dideskripsikan oleh Schlegel and Muller pada tahun 1845. 3. Kura-kura moncong babi ( Carettochelys insculpta ). Dideskripskan oleh Ramsay pada tahun 1886. Mungkin ini adalah jen

Cara Memelihara Kura-kura Kecil

Dari berbagai macam jenis hewan yang biasa dijadikan binatang peliharaan, salah satu contoh binatang yang menarik dipelihara adalah kura-kura kecil. Bentuknya yang tidak terlalu besar dan imut akan terlihat cantik jika diletakan ke dalam akuarium mini yang diletakkan kantor ataupun di rumah. Pada dasarnya kura-kura kecil ini mudah dirawat, jika kita sudah tau bagaimana caranya. Sekarang, mari simak penjelasan bagaimana cara tepat merawat kura-kura kecil agar tetap sehat dan cantik. Makanan Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan dan gizi kura-kura adalah dengan memberikan makanan yang cocok dan baik untuk kura-kura. Kura-kura sangat menyukai pelet kecil makanannya, selain disukai oleh kura-kura, pelet juga sudah mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Untuk variasi makanan kura-kura agar tidak bosan, kamu bisa sesekali merubah makanannya dengan cacing sutra atau udang  yang sudah dicincang kecil.  Pencahayaan yang Cukup Setiap harinya, kura-kura perlu berj